10 September 2008

GNK = GERAKAN NIAS KINI

GNK adalah merupakan usaha menyadarkan dan mengembalikan pola pikir masyarakat Nias kepada apa yang seharusnya dipikirkan oleh setiap insan masyarakat Nias dalam menghadapi dan menjani kehidupan sehari-hari.

Upaya ini dirasa perlu seiring dengan terjadinya arus kemajuan dan budaya luar yang masuk ke dalam kehidupan masyarakat Nias baik secara langsung maupun melalui media yang ada.



Dilihat dari dampak yang terjadi di masyarakat sudah lebih dominan yang bersifat merusak daripada yang membangun sehingga jika tidak diadakan usaha menyadarkan dampak ini bukan mustahil suatu saat nanti generasi masyarakat Nias menjadi masyarakat yang tidak memiliki identitas jati dirinya.

Kegalauan inilah yang mendorong beberapa orang masyarakat Nias untuk mengadakan suatu usaha menyadarkan akan hal itu dan diberi nama Gerakan Nias Kini disingkat dengan GNK.

Fokus utama kegiatan ginki adalah bidang penyadaran pola pikir masyarakat yang kurang sesuai dengan keadaan yang sedang dihadapi. Dalam implementasinya tentu sangat berdekatan dengan wawasan masyarakat yang terbentuk secara kogniktif sehingga pencerahan utk pembaharuan wawasan sangat diperlukan.

Bidang penyuluhan pendidikan, kerohanian, kesehatan dan pemberdayaan lainnya sangat perlu dilaksanakan agar berpikir sehat, positif dan berpengharapan melekat dalam wawasan masyarakat.

Tidak ada komentar: