21 September 2008

Intuisi Enterpreneur

Seorang enterprenuer selalu memiliki intuisi yang tajam dalam memulai sebuah bisnis yang hebat, tidak peduli apakah ia enterprenuer kelas gerobak ataupun enterprenuer kelas konglomerat, yang ada hanyalah semangat, gairah, rasa yakin, dan intuisi yang super tajam untuk mengelola bisnis yang dipilih.

Demikian pula dengan para pengusaha restogerobak di Indonesia yang menjalani bisnisnya dengan semangat, gairah, harapan, untuk memenuhi tuntutan perekonomian keluarga mereka. Tidak pagi tidak malam para pengusaha restogerobak ini dengan semangat yang luar biasa bekerja keras sambil berharap cemas agar tidak diangkut oleh para pasukan keamanan dan ketertiban kota. Para pengusaha restogerobak ini pada umumnya berasal dari desa-desa kecil luar kota, yang mencoba mengadu nasib di kota besar, sambil berharap ada keajaiban yang membawa perubahan pada takdir kehidupan perekonomian mereka. Saya selalu membandingkan kisah-kisah para enterprenuer restogerobak Indonesia dengan kisah awal dari restoran cepat saji McDonald, mungkin saja saya tidak berlebihan membandingkan McDonald awal dengan kisah para pengusaha restogerobak yang mangkal di setiap sudut Kampong Megapolitan Jakarta, istilah Kampong Megapolitan Jakarta adalah istilah saya untuk kota Jakarta, sebab walaupun sudah megapolitan, Jakarta masih dikelilingi kampong-kampong yang cukup luas. Jadi, diantara gedung bertingkat tinggi sekelas new york, masih banyak desa dan kampong kecil disamping gedung-gedung yang hebat itu.
Saya mencoba membangun ingatan Anda semua tentang kisah awal dari restoran cepat saji McDonald, agar Anda bisa memahami tentang potensi ekonomi bangsa Indonesia yang super hebat dari ketekunan dan keuletan para pengusaha restogerobak, yang sering ditertibkan oleh para aparat kota besar.
Siapa yang tidak mengetahui kisah hebat Dick, Maurice, dan Ray Kroc. Nama-nama tersebut langsung akan menghubungkan kita kepada McDonald, makanan cepat saji yang menguasai kota-kota besar di hampir seluruh pelosok bumi ini, benar-benar mengglobal dan membudaya di masyarakat perkotaan. Kisah McDonald dimulai oleh sang inovator yang bernama Dick bersama saudaranya Maurice, dan diglobalkan lewat bakat hebat Mr. Ray Kroc.
McDonald seperti yang kita lihat saat ini ada, karena upaya keras Dick dan Maurice untuk mempertahankan periuk nasi mereka agar tetap bisa survive. Perjalanan awal kedua bersaudara ini dimulai ketika mereka memutuskan untuk pindah dari sebuah kota kecil pada saat itu, sekitar tahun 1930 an, yang bernama New Hampshire ke California, mereka pindah hanya dengan tujuan untuk survive secara ekonomi. Dan untuk itu, mereka melakukan berbagai macam pekerjaan dan usaha dengan semangat dan rasa percaya diri yang super tinggi, tapi hasilnya tidak membawa mereka ke arah yang lebih baik. Semangat hidup mereka sangat luar biasa, dan setiap hasil yang kurang baik itu tidak membunuh semangat sukses mereka, mereka terus berpikir dan bertindak dalam sikap kreatif yang super tinggi. Semua itu untuk menemukan bakat dan potensi hebat mereka yang ada di dalam diri mereka. Kekompakkan, kegigihan, keuletan, ketekunan, dan kedisiplinan tinggi dari Dick and Maurice ini, akhirnya mengantar mereka untuk menciptakan sebuah konsep restoran cepat saji seperti yang kita lihat saat ini. Dick dan Maurice adalah dua orang inovator dan pekerja keras yang luar biasa hebat, dan sangat pantas untuk kita teladani semangat dan perjuangan mereka dalam menciptakan sebuah konsep restoran gaya baru. Dan terbukti di hari ini hasil karya Dick dan Maurice telah menjadi sebuah simbol peradaban manusia modern yang mengglobal. Kisah kehebatan McDonald memang tidak semata-mata terletak pada kehebatan Dick dan Maurice, tapi disitu ada Mr. Ray Kroc yang sangat identik dengan kisah McDonald modern. Saya pribadi lebih suka kisah awal McDonald dengan semangat dan keringat Dick dan Maurice, yang mempertaruhkan semua bakat dan potensi mereka, untuk sebuah kisah hebat yang mungkin mereka sendiri pada awalnya tidak memikirkannya. Ketika saya berjalan-jalan untuk berkuliner diberbagai tempat di Indonesia, saya selalu menemukan benih-benih semangat dan kerja keras Dick and Maurice tersebar diberbagai sudut kota di Indonesia, mulai dari gerobak nasi goreng sampai pada gerobak sate, buat saya mereka-mereka semua itu sedang bekerja keras untuk menjaga periuk nasi mereka agar tetap survive, dan kisah mereka sama dengan kisah awal Dick and Maurice.
Saya sebagai pribadi yang mencintai kuliner Nusantara-Indonesia, berharap spirit Dick and Maurice dapat membudaya di jiwa, raga, pikiran dari para pejuang usaha restogerobak. Sehingga suatu hari ada kuliner Indonesia yang menjadi simbol dari peradaban modern manusia global, siapa tau karedok dan gado-gado bisa sepopuler McDonald. Semoga saja para pengusaha restogerobak mampu menyimak semangat dan inspirasi dari kisah perjalanan Dick, Maurice, dan Mr. Ray Kroc. Serta mampu berkembang dari restogerobak menjadi restoran yang mengglobal. Semua itu hanya bisa terwujud, jika semangat hidup, kerja keras, kreatifitas bersatupadu dalam sikap yang konsisten dan tidak mengenal menyerah atas setiap tantangan yang ditemui. Dan, semoga juga pemerintah Indonesia mau menjadi fasilitator yang hebat buat mengembangkan semua bakat dan potensi dari para enterprenuer restogerobak, tidak sekedar ditertibkan dan dihapuskan demi keindahan dan kebersihan kota, tapi ditata dan dimotivasi untuk dijadikan raksasa-raksasa ekonomi bangsa yang super kuat. Sebab, lahirnya seorang enterprenuer yang hebat selalu di mulai dari jalanan yang penuh dengan kesulitan-kesulitan besar. Dan untuk itu, diperlukan perhatian dan cinta dari sang penguasa bangsa, agar benih-benih enterprenuer ini bisa tumbuh dan berkembang menjadi modal dan aset bangsa yang luar biasa hebat. Penguasa bangsa yang mampu memberi cinta dan perhatian untuk tujuan membangun semua potensi ekonomi rakyatnya, pasti akan menjadi penguasa yang memakmurkan dan mensejahterakan rakyatnya. Sedangkan penguasa bangsa yang selalu mempersulit lahirnya seorang enterprenuer dari bakat dan potensi hebat, hanya akan menciptakan kemiskinan dan kemunduran buat kehormatan bangsanya.

Kembangkan Kekuatan Intuisi Anda

Pernahkah Anda berniat melatih dan mengembangkan intuisi Anda menjadi sebuah kekuatan yang membantu Anda dalam mencari solusi-solusi hebat. Kalau belum, maka saatnya Anda melirik potensi intuisi Anda untuk digarap secara optimal. Intuisi itu adalah energi sukses yang ada di dalam diri Anda, yang kalau Anda kelola secara profesional, maka ia akan menjadi kekuatan yang mampu membimbing setiap langkah Anda menuju sukses. Intuisi selalu muncul dalam wujud perasaan yang mendorong pikiran sadar Anda, untuk mengambil sikap dan tindakan yang diperlukan dalam mencapai hal-hal terbaik di dalam hidup Anda.
Menurut Ric Giardina, mantan direktur Intel Corporation, yang saat ini bekerja sebagai penulis dan pembicara, bahwa intuisi adalah bagian dari alam bawah sadar yang memberikan sinyal atau tanda, di mana intuisi itu mengetahui sesuatu yang tidak dimengerti oleh kesadaran manusia. Oleh sebab itu, intuisi harus dilatih dan dikembangkan sedemikian rupa agar dapat menjadi sebuah kekuatan batin yang andal.
Ketika Anda memutuskan untuk melatih dan mengembangkan intuisi Anda, maka Anda sebenarnya telah bergerak ke arah yang lebih tinggi, sebab intuisi merupakan energi tidur yang wajib dibangunkan dan dioptimalkan, agar ia mampu memberikan hal-hal hebat buat sukses Anda.
Intuisi itu sama seperti masa otot tubuh, bila tidak dilatih dengan konsisten, maka masa otot tubuh akan menyusut, dan demikian juga dengan intuisi, yang bila tidak dilatih dan kembangkan secara konsisten, maka kemampuan intuisi tersebut akan berkurang, dan lama kelamaan akan lenyap dari potensi diri.
Cara melatih intuisi adalah dengan memerhatikan berbagai firasat dan perasaan hati, lalu mempercayai semua perasaan dan firasat tersebut sebagai sebuah pertanda dari Tuhan.
Melatih intuisi sama dengan mempertajam daya batin bawah sadar, di mana hal-hal yang tak terpikir oleh batin sadar, dapat terlihat oleh kekuatan daya batin bawah sadar melalui firasat dan perasaan yang kuat.
Anda harus percaya dan yakin bahwa intuisi itu bukanlah sesuatu hal yang aneh dan tidak pantas, tapi intuisi itu tidak lebih dari sebuah kekuatan batin yang perlu dilatih dan dikembangkan, untuk menjadi kekuatan yang wajar dalam perjalanan hidup Anda.
Kebanyakan orang selalu menyembunyikan dan mengabaikan semua potensi intuisinya, ataupun malu dan takut untuk mengekspresikan intuisinya pada kehidupan nyata. Hal ini pada dasarnya akan merugikan potensi sukses yang ada pada mereka. Sebab, intuisi tidak lain dari energi positif yang bila tidak dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal, akan menjadi sia-sia. Intuisi adalah sebuah kekuatan dari daya batin bawah sadar Anda, yang bila Anda manfaatkan secara optimal, ia mampu mengatasi semua potensi gagal Anda, tapi apabila Anda ragu dan malu melatih intuisi Anda, maka Anda tidak akan pernah memiliki kekuatan intuisi dalam hidup Anda. Hidup ini sebuah pilihan dan pilihan itulah milik Anda.

Tidak ada komentar: