17 September 2008

Mendidik Anak

Ubah Si Pemalu Menjadi Si Pemberani

Buah hati Anda termasuk anak yang pemalu? Bila iya, Anda harus merubahnya secara perlahan. Masalahnya, sifat pemalu itu merupakan sumber dari rasa tidak percaya diri.

Tentu Anda tidak ingin anak Anda sampai besar terus-terusan sulit untuk membuka diri dan kerap dihantui oleh “demam penggung” kan?

Tips Cermat Hadapi Anak Pemalu:

## Jangan Mengungkit

Artinya jangan bicarakan secara terus terang apalagi meledek anak tentang sifat pemalunya. Anak yang pemalu jika di “buka” seperti itu justru akan semakin merasa rendah diri.

## Pahami Potensi Anak

Sebagai Ibu, tentu Anda dapat melihat bakat dan minta apa yang bisa dikembangkan oleh si kecil. Apabila bakat dan minat tersebut dapat berkembang menjadi suatu prestasi, pasti lambat laun kepercayaan dirinya pun akan tumbuh seiring dengan keberhasilannya. Jangan lupa sesekali berikan motivasi melalui pujian.

## Ajak Bersosialisasi

Secara rutin, ajaklah buah hati berkunjung dan berkumpul bersama
dengan keluarga lain atau teman sebayanya. Bergabung dengan suatu organisasi atau mengikuti les dan olahraga dapat menjadi alternatif yang sangat positif. Dengan sering menghabiskan waktu dengan lingkungan sosialnya, itu akan semakin memancing kreatifitasnya dan juga kemampuan kominkasi verbalnya.

## Orang Tua Sebagai Cermin

Jangan pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri di depan anak. Pasalnya, anak bisa dengan mudah meniru perilaku orang tuanya.

## Lakukan Secara Bersama

Jangan lepas anak secara instan demi mendapatkan rasa percaya dirinya. Misalkan saat Anda memerintahkan anak untuk berbicara kepada pelayan di toko, ikutlah bersamanya lalu biarkan anak bicara. Apabila anak terlihat gugup, bantu Ia berbicara dan biarkan Ia melihat dan menilai sendiri sikap percaya diri yang diperlihatkan oleh ibunya.

Tidak ada komentar: