22 April 2009

Sikap Dalam Keadaan Menang Dan Kalah Sangat Penting

Kehidupan manusia yang berinteraksi dengan sesama manusia sering kali dihadapkan pada suatu persaingan atau perlombaan baik itu di dunia bisnis, politik, karier ataupun di organisasi kemasyarakatan. Apapun persaingannya itu adalah hal yang biasa namun yang membedakan satu dengan yang lainnya selain cara mereka melaksanakan persaingan, katakanlah prosedur dan ketaatan pada aturan main maka yang paling penting adalah bagaimana sikap seseorang menerima hasil dari suatu persaingan.


Ada kata orang bijak mengatakan : Kalau menang harus bersyukur, dan kalau kalah harus bersabar. Kalau menang jangan mabuk dan kalau kalah jangan ngamuk.

Nasehat ini berlaku di aspek kehidupan mana saja seperti negara kita yang baru selesai mengadakan pemilihan legislatif pada tahun 2009 ini. Sangat terlihat banyak partai atau para caleg yang belum memiliki sikap seperti diatas. Yang terlihat para partai yang menang terkesan sombong dan arogan sedangkan pihak yang kalah bernada protes melulu.

Fatalnya lagi adalah kestabilan emosi dari beberapa caleg yang belum siap mental untuk menerima resiko kekalahan sehingga ada beberapa yang stress dan bahkan sampai bunuh diri, belum lagi tindakan aneh-aneh lainnya seperti mengambil paksa bantuan yang telah diberikan sebelumnya kepada suatu desa atau kelompok masyarakat hanya karena perolehan suara yang dia dapatkan tidak sesuai dengan harapannya.

Sikap bersyukur, bersabar, jangan mabuk dan ngamuk sangat penting ditanamkan bagi setiap pribadi yang menginginkan kesuksesan sebab dari sikap itu bisa lebuh banyak mengambil hikmahnya utk perbaikan di masa yang akan datang.


Tidak ada komentar: